September 27, 2007

BASIC GIS TRAINING


Berbagai bidang pekerjaan membutuhkan informasi dan data sebagai dasar pengambilan keputusan. Namun informasi dan data tersebut hanya akan menumpuk menjadi 'bank data' jika pengguna sulit untuk memahaminya; yang pada akhirnya data atau informasi tersebut tidak akan efektif. Studio GIS LATIN menawarkan kepada anda salah satu 'seni' menampilkan atau menyajikan informasi atau data anda; khususnya yang berhubungan dengan lokasi, tempat, atau muka bumi ini baik secara fisik maupun sosial, budaya, ekonomi, militer, pendidikan, dsb. dalam bentuk spasial. Penyajian data atau informasi dalam bentuk spasial (fenomena ruang muka bumi) akan sangat membantu anda dan lebih menggambarkan fakta yang akhirnya akan mudah difahami oleh siapapun.

Basic GIS Training adalah pelatihan selama 40 Jam (8 jam perhari selama 5 hari) menguasai tahapan dasar GIS dengan menggunakan Software ArcView GIS 3.3. Selama 5 hari anda akan dibimbing setahap demi setahap penerapan konsep dasar GIS dalam ArcView GIS 3.3 (praktek) dan konsep informasi/data spasial.

Kenapa menggunakan ArcView GIS 3.3? Walaupun ESRI telah mengeluarkan produk terbarunya yaitu ArcGIS 9.3, namun masih ada beberapa kendala yang ditemui di versi tersebut antara lain memerlukan spesifikasi komputer yang tinggi (seperti memori dan hard disk yang besar). Sehingga sampai saat ini ArcView GIS 3.3 (termasuk 3.1, 3.2, dan 3.2a) masih banyak dipergunakan oleh pengguna GIS karena kemampuannya masih optimal di komputer pentium II sekalipun.

Selain itu dengan semakin bertambahnya ekstensi ArcView yang bisa diperoleh secara gratis di www.arcscipt.esri.com kemampuan ArcView GIS menjadi lebih banyak, tidak hanya sekedar menampilkan tetapi juga sampai kepada mendijitasi, edit, building poligon, analisis, dll. Hal tersebut hanya dengan menjalankan 1 software. Hal yang berbeda dengan ArcGIS 9.1 dan versi sebelumnya yang memisahkan kemampuan-kemampuan tersebut, sehingga harus menggunakan ArcGIS ArcInfo untuk mendijitasi, ArcGIS Arceditor untuk mengedit, dan ArcGIS ArcView untuk menampilkan/penyajian (layout).

0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators