September 20, 2007

Geografiana

Google akan menampilkan data NASA ke Web


Geografiana.com - Google dan National Aeronautics and Space Administration (NASA) menanda tangani kerjasama resmi yang memungkinkan informasi dari NASA dapat diakses melalui web. Kedua pihak ini mengumumkan bahwa kerjasama ini memungkinkan publik bisa mengakses data-data seperti peta 3 dimensi dari Bulan dan Planet Mars secara langsung. Kerjasama ini didasari kenyataan bahwa informasi mengenai bumi dan alam semesta meskipun telah tersebar tetapi terpencar dimana-mana dan sulit bagi orang awam untuk bisa memahami data-data tersebut.

Rilis media yang dilakukan tangal 18 Desember ini juga menyebutkan bahwa citra yang ditampilkan merupakan hasil daro proyek Global Connection, yang merupakan kerjasama antara Carnegie Mellon University, NASA, Google, dan National Geographic. Proyek ini menyediakan bahan-bahan untuk Google Earth seperti informasi bencana dan isi dari National Geographic.

Global Connection Project merupakan contoh yang baik yang memungkinkan Google dan NASA menampilkan data secara lebih mudah melalui Web.

Masyarakat akan bisa mengakses hasil kerjasama ini melalui Web mulai tahun 2007, data ini dibangun menggunakan standar XML. Beberapa hal teknis menantang seperti pengelolaan data yang sangat besar, dan bagaimana menampilkan secara lebih mudah dan cepat merupakan tantangan dalam proyek ini. Kerjasama Nasa dan Google ini juga dilakukan untuk bidang lain seperti riset, hasil, fasilitas dan pendidikan yang berkaitan dengan ruang kangsaka tentunya.



Kita tunggu saja tahun 2007, rilis kerjasama ini memungkinkan kita bisa belajar mengenai geografi dan juga astronomi secara lebih cepat dan akurat melalui Google. (ms/pcworld.com)


0 komentar:

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Dcreators